PENGARUH PROGRAM BOARDING SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MA NEGERI 2 KOTA BIMA

Penulis

  • Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Bima
  • Anwar Sadat Universitas Muhammadiyah Bima
  • Muslimin Universitas Muhammadiyah Bima

Kata Kunci:

Pengaruh, Boarding School, Prestasi Belajar, Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh program boarding school terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan dengan jenis penelitian deskriptif statistik dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 16.0. Data-data yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan data primer melalui kuisioner dan hasil nilai ujian bahasa arab siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa boarding school tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dari koefisien korelasi sebesar -0,43, signifikan di uji t hitung sebesar -1.235 yang lebih kecil dari nilai uji t tabel pada df2 sebanyak 1,734. Nilai koefisien regresi variabel X sebesar -0,43. Menyatakan bahwa setiap peningkatan nilai variabel X sebesar 1, maka juga akan meningkat sebesar -0,43. Menjelaskan bahwa pengaruh program boarding school (X) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 43% sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20