PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN 30 NITU KOTA BIMA

Penulis

  • ABD. Salam Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ruslan Universitas Muhammadiyah Bima
  • Nasaruddin Universitas Muhammadiyah Bima

Kata Kunci:

Pembelajaran Aktif, Pemahaman Siswa, Pendidikan Agama Islam, Sdn 30 Nitu, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode pembelajaran aktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 30 Nitu Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan tes formatif untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar serta pemahaman mereka terhadap materi PAI. Siswa menunjukkan partisipasi yang lebih tinggi dalam diskusi, simulasi, dan permainan edukatif. Meskipun ada hambatan dalam hal manajemen waktu, variasi karakter siswa, dan keterbatasan sarana pembelajaran, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan strategi yang kreatif dan adaptif. Secara keseluruhan, pembelajaran aktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

This study aims to examine the application of active learning methods in improving students' understanding of Islamic Religious Education (PAI) at SDN 30 Nitu, Kota Bima. The research method used is Classroom Action Research (CAR) with three cycles, involving observation, interviews, and formative tests to collect data. The results show that the application of active learning methods can increase student engagement in the learning process and enhance their understanding of PAI material. Students showed higher participation in discussions, simulations, and educational games. Although there were challenges in time management, student diversity, and limited learning resources, these obstacles were overcome with creative and adaptive strategies. Overall, active learning was proven to be effective in improving students' cognitive, affective, and psychomotor skills.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30