STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBENTUK KESADARAN SISWA ANTI BULLYING DI SEKOLAH
Kata Kunci:
Strategi Guru PAI, Kesadaran Siswa, BullyingAbstrak
Saat ini masalah yang kerap dialami oleh siswa-siswa di sekolah adalah adanya praktik bullying atau tindakan mengejek dan menyakiti teman sebaya. Tak hanya siswa saja yang melakukan bullying, terkadang guru pun bisa tidak sengaja melakukannya dengan membedakan siswa yang pintar dan yang kurang memahami pelajaran. Hal ini sering memicu bullying oleh siswa terhadap siswa lain yang kurang memahami dampak bullying. Bullying merupakan bentuk intimidasi yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki kekuasaan atau kekuatan lebih besar terhadap pihak yang lebih lemah, dan dapat terwujud dalam berbagai bentuk perilaku. Pembentukan kesadaran anti-bullying di lingkungan sekolah sangat penting guna menanamkan pemahaman siswa terhadap isu perundungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai bentuk bullying yang terjadi di sekolah, mendeskripsikan kasus-kasus perundungan yang dialami oleh siswa, serta mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajarkan nilai-nilai anti-bullying kepada para siswa. Fokus utama penelitian adalah strategi guru PAI dalam membentuk kesadaran anti bullying pada siswa disekolah. Metode yang digunakan mencakup studi literatur dan analisis kualitatif terhadap sumber-sumber. Temuan menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman dampak anti bullying pada siswa maka berdampak pada korban dan pelaku bullying, Selain itu, terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi terjadinya tindakan bullying di sekolah, sehingga diperlukan strategi yang tepat dari guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran anti-bullying di kalangan siswa. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan baru mengenai upaya strategis yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk kesadaran siswa terhadap pentingnya mencegah dan menanggulangi bullying di lingkungan sekolah.
Currently, a problem that is often experienced by students in schools is the practice of bullying or the act of mocking and hurting peers. Not only students who commit bullying, sometimes teachers can also accidentally do it by distinguishing students who are smart and those who do not understand the lesson. This often triggers bullying by students against other students who do not understand the impact of bullying. Bullying is a form of intimidation carried out by individuals or groups who have greater power or strength against weaker parties, and can manifest in various forms of behavior. The formation of anti-bullying awareness in the school environment is very important to instill students' understanding of the issue of bullying. This study aims to reveal the various forms of bullying that occur in schools, describe cases of bullying experienced by students, and identify strategies applied by Islamic Religious Education (PAI) teachers in teaching anti-bullying values to students. The main focus of the research is the Islamic Religious Education teacher's strategy in shaping anti-bullying awareness in students at school. The methods used include literature study and qualitative analysis of the sources. The findings show that the lack of understanding of the impact of anti-bullying on students has an impact on victims and perpetrators of bullying. In addition, there are a number of factors that influence the occurrence of bullying in schools, so that an appropriate strategy is needed from Islamic Religious Education (PAI) teachers in fostering anti-bullying awareness among students. The benefits of this research are to provide new insights into the strategic efforts made by PAI teachers in shaping students' awareness of the importance of preventing and overcoming bullying in the school environment.