DAMPAK KERAGUAN SANTRI TERHADAP PERATURAN PONDOK PESANTREN: IMPLIKASI PADA INTELEKTUAL
Kata Kunci:
Peraturan, Pondok Pesantren, IntelektualAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak keraguan santri terhadap peraturan pondok pesantren dan implikasinya terhadap perkembangan intelektual mereka. Jurnal yang saya pakai adalah metode studi pustaka atau biasa disebut literature review beserta pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan dan mengklasifikasi sumber literatur dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah, baik primer maupun sekunder. Pada studi pustaka ini berfokus pada pengaruh keraguan santri terhadap peraturan pondok pesantren, serta dampaknya terhadap kedisiplinan, motivasi belajar, prestasi, dan perkembangan intelektual secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keraguan santri terhadap peraturan pondok pesantren merupakan suatu hal yang sangat rumit dan dipengaruhi oleh faktor internal seperti, karakter pribadi, latar belakang keluarga, dan pemahaman mereka terhadap agama, serta faktor eksternal, termasuk pengaruh negatif perkembangan teknologi, seperti warnet dan permainan video. Keraguan ini bisa mengurangi konsentrasi belajar dan menurunkan motivasi belajar santri, yang berdampak pada rendahnya prestasi akademik dan spiritual. Maka dari itu, termasuk penanaman nilai-nilai agama dan moral yang kuat, pelayanan konseling psikologis, penyesuaian peraturan dengan kebutuhan sesuai dengan berkembangnya zaman, serta terlibatnya santri dalam pembuatan keputusan perihal peraturan pondok pesantren. Penulis berharap, langkah-langkah ini dapat meningkatkan efektifitas peraturan dan mendukung perkembangan intelektual serta kepatuhan santri terhadap peraturan-peraturan yang telah dibuat.
The purpose of this research is to analyze the impact of students’ doubts about the rules of islamic boarding schools and its implications on their intellectual development. This journal uses a literature review method with a descriptive approach. The research collects and classifies literature sources from books, journals, and scientific articles, both primary and secondary. This literature study focuses on the influence of students’ doubts about the rules of islamic boarding schools and their impact on discipline, learning motivation, academic performance, and overall intellectual development. The results show that students’ doubts about the rules of islamic boarding schools are complex, influenced by internal factors such as personal character, family background, and their understanding of religion, as well as external factors, including the negative influence of technological developments, such as internet cafes and video games. These doubts can reduce learning concentration and lower students’ motivation to study, which impacts their academic and spiritual performance. Therefore, it is necessary to instill strong religious and moral values, provide psychological counseling services, adjust rules to meet the needs of changing times, and involve students in decision-making about the rules of the boarding school. The author hopes these steps can improve the effectiveness of the rules and support the intellectual development and compliance of students with the rules.