MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN KREATIF PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 05 JEMBER
Kata Kunci:
Manajemen Kepala Sekolah, Karakter Religius, Disiplin, KreatifAbstrak
Manajemen kepala sekolah harus didasarkan pada keterwakilan pemimpin yang melaksanakan pendidikan karakter, terutama yang bersifat religius, disiplin, dan kreatif. Manajer hanyalah sekelompok kecil orang yang diharapkan dapat melakukan pekerjaan dengan benar dan dapat disebut sebagai pemimpin. Tentu saja individu mempunyai kapasitas mental, emosional, dan fisik untuk berpikir dan bertindak sebagai pemimpin. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Memahami kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk kepribadian religius, disiplin dan kreatif pada siswa SMPN 05 Jember. 2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kepala sekolah dalam pembentukan kepribadian religius, disiplin dan kreatif siswa SMPN 05 Jember. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber, metode, penelitian, dan analisis data menggunakan interaksi (Miles Haberman dan Saldana): 1. reduksi data, 2. penyajian data, dan 3. penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kepala sekolah dalam membentuk karakter religius, disiplin dan kreatif di SMPN 05 Jember menggunakan strategi pembiasaan Karakter yang contohnya dilakukan oleh kepala sekolah bersama guru. Saat dewan bertemu, para siswa mengikutinya. (2) Unsur yang menunjang manajemen sekolah dalam pembentukan kepribadian yang religius, disiplin, dan kreatif adalah kendali dewan guru dan dukungan masyarakat setempat. Hambatan bagi sekolah adalah perlunya tenaga ekstra untuk menghadapi siswa berkepribadian dan latar belakang yang berbeda-beda.