MANAJEMEN HUMAS DI MI DARUL MUQOMAH PASIRIAN LUMAJANG

Penulis

  • Evi Maghfiroh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Imron Fauzi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rif'an Humaidi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Kata Kunci:

Manajemen Humas, Hubungan Masyarakat

Abstrak

Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya kompleksitas komunikasi, Manajemen Hubungan Masyarakat semakin diakui sebagai disiplin yang mandiri dan strategis. Dalam era informasi dan teknologi yang cepat, perusahaan dan organisasi harus menghadapi tantangan baru dalam mengelola citra mereka di tengah masyarakat yang semakin kritis dan berpengetahuan luas. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan isu-isu kritis manajemen hubungan masyarakat di MI Darul Muqomah Pasirian Lumajang. Penelitian yang dipilih, yaitu penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data peneliti lakukan dengan tiga teknik, yaitu: (1) wawancara; (2) observasi non- partisipan; dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen hubungan masyarakat di MI Darul Muqomah Pasirian Lumajang telah menerapkan langkah-langkah seperti pembuatan rencana komunikasi, komunikasi terbuka melalui media sosial, pengelolaan citra sekolah melalui kegiatan sosial, dan penanganan konflik dengan cepat. Namun, terdapat isu kritis seperti kesulitan dalam komunikasi dengan orang tua, pengelolaan krisis, penggunaan media sosial, dan menjaga hubungan dengan masyarakat. MI Darul Muqomah perlu terus memperkuat strategi komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan untuk menjaga reputasi madrasah dengan baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30