EVALUASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK DI MADRASAH

Penulis

  • Lailatus Syarifah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mashudi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Moh. Anwar Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Kata Kunci:

Evaluasi Pembelajaran, Fiqih, Penilaian Autentik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Penilaian Sikap, pengetahuan dan
keterampilan Pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam penilaian ini
adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Temuan dari penelitian ini adalah: Pertama,
Madrasah telah mengadopsi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan
kurikulum 2013. Perilaku siswa sebagai hasil dari pendidikan, baik di dalam maupun di luar kelas,
menjadi fokus evaluasi sikap. Evaluasi sikap untuk mata pelajaran fikih kelas VIIIG di Madrasah juga
terdiri dari evaluasi terhadap diri sendiri, evaluasi antar teman, dan evaluasi berdasarkan observasi.
Kedua, penilaian harian dan penugasan digunakan dalam proses penilaian pengetahuan di Madrasah.
Melalui tes tertulis dan evaluasi berkelanjutan, pendidik mengevaluasi kemampuan pengetahuan siswa.
Soal tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan uraian memiliki jawaban dalam format penilaian tes
tertulis. Guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah biasanya memberikan tes pilihan ganda kepada siswa
untuk mengevaluasi pemahaman mereka. Ketiga, Madrasah menggunakan empat kriteria penilaian
untuk mengevaluasi keterampilan sesuai dengan kurikulum 2013: proyek, produk, portofolio, dan
praktik. Pemahaman akan kemampuan untuk menerapkan, memeriksa, dan menginformasikan sesuatu
dengan jelas dinilai melalui proyek.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30