KEPEMIMPINAN INOVATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMPN 12 JEMBER)
Kata Kunci:
Kepemimpinan inovatif, Kepala sekolah, Mutu PembelajaranAbstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk menjelaskan inovasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pengembangan mutu pembelajaran di SMPN 12 JEMBER 2) untuk menjelaskan strategi kepemimpinan inovatif kepala sekolah dalam pengembangan mutu pembelajaran di SMPN 12 JEMBER 3) untuk menjelaskan hasil penerapan kepemimpinan inovatif kepala sekolah dalam pengembangan mutu pembelajaran di SMPN 12 JEMBER. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) inovasi yang dilaksanakan kepala sekolah yaitu mengaktifkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle. 2) strategi kepemimpinan inovatif yang digunakan ada dua, yaitu strategi fasilitatif dan strategi bujukan. Strategi fasilitatif di SMPN 12 JEMBERseperti penggunaan peralatan IT. Peralatan IT digunakan untuk pengembangan sistem untuk mengaplikasikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan Learning Management System (LMS). Sedangkan strategi bujukan di SMPN 12 JEMBERseperti mengubah cara kerja guru dan semua karyawan. Yang awalnya tidak bisa mengaplikasikan Learning Management System (LMS), maka di tuntut untuk bisa mengaplikasikannya. 3) hasil penerapan kepemimpinan inovatif kepala sekolah sangat efektif, berjalan sesuai apa yang direncanakan oleh sekolah. Mencapai hasil yang sangat memuaskan. Hasil yang memuaskan dapat dilihat dari keberhasilan proses pembelajaran melalui Learning Management Sistem (LMS) berbasis Moodle dengan memperoleh pencapaian materi 90%. Dan pencapaian materi dapat dilihat dengan adanya prestasi-prestasi peserta didik SMPN 12 JEMBER pada saat pembelajaran melalui Learning Management Sistem (LMS) berbasis aplikasi Moodle.