PENGARUH MATERI KONSEP PERKEMBANGAN ILMU BUDAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA S2 PAI 2023 DALAM MATA KULIAH FILSAFAT ISLAM

Penulis

  • Arif Aulia Rizki Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhammad Ridwan Efendi Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Nunu Burhanuddin Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Perkembangan Ilmu Budaya, Filsafat Islam, Keaktifan Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakang dengan ditemukannya dari 26 mahasiswa yang ada, hanya sekitar setengah dari mahasiswa S2 PAI 2023 yang hadir dalam perkuliahan filsafat Islam pada materi konsep perkembangan ilmu budaya. Kemudian pada mata kuliah filsafat Islam, pembelajaran dilakukan dalam bentuk presentasi makalah oleh mahasiswa. Namun yang penulis temukan, saat salah satu mahasiswa yang mendapatkan giliran untuk mempresentasikan materi mengenai konsep perkembangan Ilmu Kebudayaan telah selesai presentasi, mahasiswa lainnya yang menjadi audiens tidak ada satupun yang bertanya ataupun memberikan kritik dan saran kepada mahasiswa yang melakukan presentasi dan pada akhirnya pembelajaran diberikan kepada dosen pengampu. Padahal materi tersebut merupakan salah satu materi yang penting, Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materi konsep perkembangan ilmu budaya terhadap keaktifan belajar mahasiswa S2 PAI 2023 dalam mata kuliah filsafat Islam. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kuantitatif. Populasi adalah semua mahasiswa S2 PAI 2023 UIN Bukittinggi yang berjumlah 26 mahasiswa dan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa materi konsep perkembangan ilmu budaya berpengaruh terhadap keaktifan belajar mahasiswa S2 2023 yang dibuktikan dengan nilai sig 0,048 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,082 > 2,064. Materi konsep perkembangan ilmu budaya berpengaruh negatif dan berpengaruh sebesar 15,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30