PENGARUH PELATIHAN BAHASA ARAB OTAK KANAN TERHADAP PENINGKATAN MAHARAH QIRO’AH KELAS 12A MAN 1 PEKANBARU

Penulis

  • Mohd. Ghufran Ramadhan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Abdul Halim Hasibuan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hakmi Wahyudi Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pelatihan, Otak Kanan, Maharah Qiroah

Abstrak

Pelatihan adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pada bidang tertentu dengan cara-cara tertentu. Pelatihan bahasa Arab otak kanan adalah program pembelajaran yang mengutamakan penggunaan otak kanan sebagai sarana pembelajarannya, Tetapi pelatihan ini masih jarang diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab. Maka penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pelatihan bahasa Arab otak kanan terhadap peningkatan kemampuan qiro’ah peserta didik kelas 12A MAN 1 Pekanbaru. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Pelatihan Bahasa Arab otak kanan mengambil peran penting dalam membantu peserta didik dalam meningkatkan maharoh qiro’ahnya, karena mengembangkan daya ilustrasi dan imajinasi mereka sehingga memudahkan mereka dalam memilih i’rab yang tepat sehingga membaca harakat teks Bahasa Arab yang sesuai dengan kaidah Bahasa Arab.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30