IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA DI SDS TRIWIRA MOHAGA DELI SERDANG

Penulis

  • Hendry Juliansyah Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Khofifah Mawaddah Lubis Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Liza Distria Riani Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Nur Jannah Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Kata Kunci:

profil Pancasila, kurikulum merdeka, Pancasila, implementasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam kurikulum merdeka sebagai implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila. Yang menumbuhkan karakter peserta didik melalui butir-butir Pancasila, sehingga penerapan Pancasila dipedomani dalam kehidupan siswa sehari-hari.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.

Penelitian melibatkan seluruh siswa SDS Triwira Mohaga pada tahunajaran 2023/2024. Sumber data penelitian ini terdiri dari hasil wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30