PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI SEKOLAH BINTANG HARAPAN BANGSA BINJAI

Penulis

  • Mega Silvia Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Muhammad Zulfadli Ahnaf Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Monica Reh Malemna Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Nurlia Br Sitepu Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Kata Kunci:

Emosional, Sosial, Paud, Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan bersosialisasi dan mengatur emosi yang diperoleh anak dengan berbagai kesempatan atau pengalaman bergaul dengan orang-orang di lingkungannya, baik orangtua, saudara, teman sebaya atau orang dewasa lainnya. Orangtua diharapkan bisa menjadi mitra kerja yang baik bagi anak karena pengasuhan yang diberikan orangtua kepada anak yang positif akan menghasilkan anak yang berkompeten. Apabila lingkungan dalam keluarga kurang memberikan kenyamanan pada anak seperti perlakuan orangtua yang kasar, sering memarahi, tidak mempedulikan anak, tidak memberikan bimbingan, teladan, pengajaran atau pembiasaan terhadap anak dalam menerapkan norma-norma, baik agama maupun tatakrama, maka akan menghasilkan anak yang kurang baik dalam perilakunya. Orangtua diharapkan untuk terlibat dalam kehidupan anak baik di rumah maupun di sekolah untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dan menurunkan masalah perilaku anak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Bintang Harapan Bangsa, Jalan RA Kartini No.20A, Binjai Kota, Sumatera Utara. Subyek dalam penelitian in adalah guru TK A, dan upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional anak PAUD Bintang Harapan Bangsa  sebagai objek penelitian. Informan dalam penelitian ini 2 guru kelas TK A, kepala sekolah, ketua yayasan, dan anak didik. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara terstruktur (structure interview) dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru sebagai orang tua kedua bagi anak di sekolah memegang peran penting dalam mengembangkan potensi dan kemampuan sosial emosial anak usia dini, terutama di sekolah Bintang Harapan Bangsa . Karena, sosial emosional anak merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan karir anak di masa medatang. Dengan kegiatan-kegiatan pembiasaan positif yang dilakukan oleh guru di sekolah, seperti pembiasaan rutin (salam, sapa, senyum), do’a bersama, pembiasaan spontan (pemberian pujian dan reward), kegiataan bermain sosial meliputi bermain bebas setiap hari sabtu, dan jam pulang sekolahmampu mengembangkan potensi dan kemampuan sosial emosional anak yang ada di sekolah Bintang Harapan Bangsa. Pengembangan potensi dan kemampuan ini disertai dengan dua faktor utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30