STRATEGI PENGGUNAAN METODE EVALUASI UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-INAYAH KOTA BANDUNG

Penulis

  • Ujang Sunarya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan Sawandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Metode Evaluasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih, Mts Al-Inayah Kota Bandung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi penggunaan metode evaluasi dalam mengukur hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Inayah Kota Bandung. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, studi ini mengandalkan metode studi literatur yang melibatkan analisis sumber-sumber yang relevan terkait strategi evaluasi dan hasil belajar peserta didik dalam konteks pelajaran Fiqih. Studi literatur ini mencakup tinjauan terhadap berbagai penelitian terdahulu, artikel ilmiah, buku teks, dan sumber-sumber referensi lainnya yang berkaitan dengan penggunaan metode evaluasi dalam konteks pendidikan Islam, khususnya mata pelajaran Fiqih. Data yang terkumpul dianalisis dengan cermat untuk mengidentifikasi strategi evaluasi yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian peserta didik dalam mata pelajaran Fiqih. Hasil studi literatur ini menunjukkan bahwa penggunaan metode evaluasi yang mencakup penilaian formatif, penilaian sumatif, dan penilaian autentik memiliki dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Fiqih. Selain itu, pendekatan evaluasi yang berfokus pada pembelajaran aktif, refleksi diri, dan keterlibatan peserta didik juga terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Inayah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31