KLASIFIKASI HADITS DITINJAU DARI SEGI KUANTITAS DAN KUALITAS SANAD

Penulis

  • Muhammad Tarmizi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Fitriadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Klasifikasi, Hadits, Kualitas, Kuantitas

Abstrak

Perkembangan dan kemajuan sistem pendidikan tidak bisa terlepas dari peran dan kebijakan seorang pemimpin. Sultan Syarif Kasim II telah memberikan kontribusi dan warna bagi kemajuan pendidikan khususnya pendidikan Islam. Penulis akan mengkaji lebih dalam lagi terhadap konsep pendidikan Islam Sultan Syarif Kasim II di Indonesia. Adapun metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan mengumpulkan sumber sejarah yang relevan dengan penelitian ini. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sultan Syarif Kasim II memiliki kontribusi yang sangat besar bagi pendidikan Islam di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan didirikannya pendidikan formal maupun non formal seperti Madrasah Taufiqiyah Al-Hasimiyah (khusus laki-laki) dan Madrasah An-Nisa’ (khusus untuk kaum perempuan). Selain dari itu sultan Syarif Kasim juga mendirikan asrama pelajar dan memberikan beasiswa bagi tamatan madrasah untuk melanjutkan pelajarannya ke luar daerah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-19