ADAB DAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (KAJIAN TERHADAP KITAB BIDAYATUL HIDAYAH)
Kata Kunci:
Pendidikan Akhlak, Imam Al-Ghazali, Kitab Bidayatul HidayahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali, sebuah karya yang sangat dihormati di pesantren dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka, yakni data dikumpulkan dari sumber utama, yaitu kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali, dan sumber sekunder seperti buku, artikel jurnal, tesis, dan publikasi lain yang membahas pemikiran serta konsep pendidikan akhlak dalam Islam. Penelitian dimulai dengan penelusuran literatur mendalam untuk mengidentifikasi karya yang relevan, diikuti dengan analisis terperinci terhadap teks dalam kitab Bidayatul Hidayah guna memahami prinsip-prinsip pendidikan akhlak yang diajarkan oleh Imam Al-Ghazali. Hasil analisis ini dibandingkan dengan teori-teori dan pandangan dari literatur sekunder untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah secara umum membahas ketaatan kepada Allah SWT, meninggalkan maksiat, dan adab dalam pergaulan. Ketaatan kepada Allah diperlihatkan melalui niat baik dalam menuntut ilmu, mengingat Allah dalam segala hal, dan penggunaan waktu yang efektif. Meninggalkan maksiat diwujudkan dalam menjaga indra-indra dan hati dari hal-hal yang terlarang serta menghindari sifat-sifat seperti riya’, hasud, dan ‘ujub. Pergaulan yang baik tercermin dalam adab dalam berdoa, peran guru dan murid, hubungan anak dengan orang tua, pertemanan, dan kenalan.