EVALUASI KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Laila Selvia IAIN pontianak
  • Erwin Mahrus IAIN pontianak
  • Sahri IAIN Pontianak

Kata Kunci:

Evaluasi, Kinerja Pendidik, Kualitas Pendidikan Islam

Abstrak

Evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah menjadi langkah esensial dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengevaluasi sejauh mana kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan Islam di madrasah. Metode penelitian melibatkan analisis kualitatif dari hasil evaluasi kinerja, observasi kelas, dan wawancara dengan para pendidik dan tenaga kependidikan. Temuan penelitian ini mencakup aspek-aspek utama seperti kemampuan mengajar, pemahaman terhadap nilai-nilai Islam, keterlibatan dalam pengembangan kurikulum, dan kontribusi pada kegiatan ekstrakurikuler. Hasil evaluasi juga menyoroti proses pembelajaran di kelas dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Peer review digunakan sebagai salah satu metode evaluasi untuk memberikan pandangan dari rekan sejawat. Berdasarkan hasil evaluasi, ditemukan kekuatan dan kelemahan dalam kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Temuan ini memberikan dasar untuk menyusun rekomendasi dan strategi pengembangan, termasuk pelatihan dan pembinaan yang dibutuhkan. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang bagaimana meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah guna mencapai peningkatan yang berkelanjutan dalam kualitas pendidikan Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20