PENGARUH MEDIA TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MTS NURUL HIDAYAH KOTA JAMBI

Penulis

  • Dhimas Agung Prasetyo UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mursyid UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zakiyatunnisa Al Mubarokah UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi

Kata Kunci:

Bahasa, Sistem lambang bunyi, Komunikasi, Interaksi

Abstrak

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang digunakan oleh kelompok masyarakat untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi semakin disadari oleh para ahli bahasa dan praktisi, karena interaksi sosial dan aktivitas masyarakat akan lumpuh tanpa bahasa. Dalam upaya menciptakan pengajaran yang inspiratif, guru harus mampu menarik dan mendorong minat siswa terhadap pelajaran. Bahasa Arab, sebagai salah satu mata pelajaran, memerlukan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan agar siswa termotivasi untuk belajar. Guru profesional harus mendisiplinkan, mengajar, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi pendidikan siswa pada berbagai jenjang. Kemahiran siswa dalam bahasa asing menunjukkan kemampuan mereka dalam memahami dan berkomunikasi dalam bahasa tersebut. Metodologi pengajaran yang tepat sangat penting dalam menciptakan suasana pendidikan yang efektif dan berpengaruh. Salah satu metode pengajaran yang dapat digunakan adalah tebak gambar, yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Penambahan kosakata adalah bagian penting dalam pembelajaran bahasa. Observasi dan wawancara di MTS Nurul Hidayah, Kota Jambi, menunjukkan bahwa kurikulum 2013 telah diterapkan, tetapi metode dan media yang digunakan masih kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media permainan tebak gambar dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab di MTS Nurul Hidayah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20