PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL- ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG
Kata Kunci:
Pembentukan, Karakter, ISMUBAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi pembentukan karakter dalam pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) di SMA Muhammadiyah 6 Palembang, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi pendidikan karakter di dalam kelas dan dampaknya terhadap perkembangan moral siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran ISMUBA dilakukan dengan pendekatan secara individu maupun berkelompok dengan menerapkan metode ceramah dan pembiasaan diri, menilai dan mengevaluasi baik dari segi psikologis, edukatif, dan sosial pada siswa. Faktor keberhasilan implementasi pendidikan karakter di dalam kelas meliputi kerjasama dan penilaian sikap siswa, pemberian apresiasi atau motivasi, dukungan lingkungan dan kesadaran terkait pendidikan karakter. Faktor penghambatnya antara lain waktu pembelajaran yang terbatas, kendali siswa di luar sekolah dan kurangnya pemahaman akan pendidikan karakter. Efek dari pendidikan karakter terhadap perkembangan moral siswa mencakup peningkatan kesopanan, penggunaan bahasa yang baik, tumbuhnya sikap peduli dan saling tolong menolong, serta penghormatan terhadap orang tua.