PERBANDINGAN PENDIDIKAN ISLAM DI NEGARA GHANA DAN ALJAZAIR
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Ghana, Aljazair, Kurikulum, Metode Pengajaran, Institusi Pendidikan Islam, Perbandingan, Pendidikan Formal, Pendidikan Informal, Afrika Barat, Afrika UtaraAbstrak
Penelitian ini membahas perbandingan sistem pendidikan Islam di dua negara Afrika, yakni Ghana dan Aljazair, yang memiliki latar belakang sejarah, sosial, dan budaya yang berbeda. Meskipun Ghana dan Aljazair berada di wilayah yang berbeda Afrika Barat dan Afrika Utara, keduanya memiliki tradisi pendidikan Islam yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan dan persamaan dalam kurikulum, metode pengajaran, serta peran institusi pendidikan Islam di masing-masing negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan memanfaatkan sumber-sumber sekunder dari jurnal, buku, dan laporan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Aljazair lebih terstruktur dan formal, dipengaruhi oleh sejarah kolonial Prancis serta reformasi pascakemerdekaan yang memprioritaskan bahasa Arab dan studi Islam dalam sistem pendidikan nasional. Sebaliknya, pendidikan Islam di Ghana cenderung lebih informal dan berbasis komunitas, terutama di wilayah utara yang mayoritas Muslim. Namun, kedua negara sama-sama menghadapi tantangan dalam modernisasi pendidikan Islam di tengah perubahan global. Penelitian ini memberikan wawasan tentang dinamika pendidikan Islam di dua konteks geografis yang berbeda, serta relevansi tradisi pendidikan agama dalam pembangunan sosial dan budaya masing-masing negara.
This research explores the comparison of Islamic education systems in two African countries, Ghana and Algeria, which possess different historical, social, and cultural backgrounds. Although Ghana and Algeria are located in distinct regions—West Africa and North Africa—both have strong traditions of Islamic education. The aim of this study is to analyze the differences and similarities in curricula, teaching methods, and the role of Islamic educational institutions in each country. The method used in this research is a literature review, utilizing secondary sources from journals, books, and related reports. The findings reveal that Islamic education in Algeria is more structured and formal, influenced by its colonial history with France and post-independence reforms that prioritize the Arabic language and Islamic studies in the national education system. In contrast, Islamic education in Ghana tends to be more informal and community-based, especially in the northern regions where Muslims are the majority. However, both countries face challenges in modernizing Islamic education amidst global changes. This research provides insights into the dynamics of Islamic education in two different geographical contexts, as well as the relevance of religious education traditions in the social and cultural development of each country.