KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMAN 18 JAKARTA

Penulis

  • Robbi Rodia Universitas Negeri Jakarta
  • Nurul Asiah Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syehan Abizar Universitas Negeri Jakarta
  • Hiekmal Dava Ramadhan Universitas Negeri Jakarta
  • Adella Putri Ramadhani Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Abstrak

Banyak guru PAI yang memiliki kesulitan dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana tingkat kemampuan pedagogik guru PAI dalam merespon dan menerapkan Kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan dua guru PAI di SMAN 18 Jakarta. Teori pedagogik yang mendasari penelitian ini meliputi aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, dan aspek evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMAN 18 Jakarta mampu beradaptasi secara efektif dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Mereka mampu mengatasi kesulitan dan menunjukkan kemampuan pedagogik pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk memahami bagaimana guru PAI dapat sukses mengintegrasikan kompetensi pedagogik dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31