PEMANFAATANTEKNOLOGIDALAM MEMBUAT MEDIAPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, TeknologiAbstrak
Artikel ini membahas tentang pemanfaatan teknologi dalam membuat media pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkaitan penggunaan media dalam pembelajaran, perangkat teknologi dalam media pembelajaran dan klasifikasi teknologi berdasarkan karakteristik media pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode yang dilakukan dengan adanya penekanan dari segi pemaknaan, pemahaman, pengertian tertentu serta memberi gambaran sesuai dengan realita yang ada dari objek yang diteliti dan metode ini dilakukan dengan adanya pendekatan studi kepustakaan ( literatur review). Teknik pengumpulan data bersumber dari buku dan jurnal dikumpulkan kemudian di reduksi untuk menarik sebuah kesimpulan. Dalam penggunaannya media memiliki landasan, ada beberapa, yaitu: landasan filosofis, psikologis, teknologis dan empiris. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mendorong terjadinya banyak perubahan, termasuk dalam bidang pendidikan yang melahirkan konsep e-learning. Dampak adanya integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan adalah dianggap lebih efektif dan efisien dan menghasilkan nilai positif bagi guru dan siswa. Dunia teknologi informasi kini memberikan banyak pilihan kepada semua orang. Tak terkecuali Guru Pendidikan Agama Islam. Ada beberapa contoh pemanfaatan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran PAI yaitu: 1) teknologi audio; 2) teknologi visual; 3) teknologi visual-audio; 4) teknologi berbasis internet. Semua itu dapat digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam
This article discusses the use of technology in creating learning media for Islamic Religious Education which is related to the use of media in learning, technological devices in learning media and classification of technology based on the characteristics of learning media. The method used is using a qualitative descriptive research method, namely a method that is carried out with an emphasis on meaning, understanding, certain meanings and providing a description in accordance with the existing reality of the object being studied and this method is carried out using a literature study approach (literature review). Data collection techniques sourced from books and journals are collected and then reduced to draw a conclusion. In its use, media has several foundations, namely: philosophical, psychological, technological and empirical foundations. Advances in Information and Communication Technology have encouraged many changes, including in the field of education which gave birth to the concept of e-learning. The impact of the integration of information and communication technology in education is that it is considered more effective and efficient and produces positive values ββfor teachers and students. The world of information technology now provides many choices to everyone. Islamic Religious Education Teachers are no exception. There are several examples of the use of technology that can be utilized in PAI learning, namely: 1) audio technology; 2) visual technology; 3) visual-audio technology; 4) internet-based technology. Islamic Religious Education teachers can use all of this to improve the quality of Islamic religious education