PERAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Guru, Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan IslamAbstrak
Kurikulum merupakah salah satu komponen penting yang ada dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya kurikulum, guru akan mengalami kesulitan dan kesesatan, ketika menjalankan tugasnya dalam proses belajar mengajar. Kurikulum dalam proses pembelajaran merupakan pengarah dan petunjuk bagi pendidik dan setiap pendidik mempunyai kewajiban untuk memahami dan menguasai kurikulum, serta mengembangkannya, karena kurikulum merupakan suatu sistem yang paling penting dalam konteks pendidikan terlebih dalam pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji proses pengembangan kurikulum Pendidikan Islam dan bagaimana peran guru dan tenaga pendidik dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research yang mana proses pengumpulan data dilakukan dengan diperoleh melalui kajian kepustakaan yang dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan menelaah beberapa sumber tertulis yang berkaitan dengan peran guru dalam proses pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan kurikulum secara umum terdiri atas perencanaan yang merupakan langkah pertama dalam mengembangkan kurikulum adalah memunculkan ide-ide untuk program, langkah kedua ialah implementasi, dan ketiga ialah evaluasi. Peran guru setidaknya terdapat empat peran yang harus dilaksanakan dalam proses pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam oleh guru yaitu sebagai Peran Guru sebagai Implementer atau Pelaksana Kurikulum, Peran Guru sebagai Developer atau Pengembang Kurikulum, Peran Guru sebagai Adapter atau Penyelaras Kurikulum, Peran Guru sebagai Researcher atau Peneliti Kurikulum.
Curriculum is one of the important components in the world of education. Without a curriculum, teachers will experience difficulties and go astray when carrying out their duties in the teaching and learning process. The curriculum in the learning process is a guide and guidance for educators and every educator has an obligation to understand and master the curriculum, as well as develop it, because the curriculum is the most important system in the educational context, especially in Islamic education. The aim of this research is to examine the process of developing the Islamic education curriculum and the role of teachers and teaching staff in developing the Islamic religious education curriculum. This research uses the Library Research type of research in which the data collection process is carried out by obtaining through literature review which can be interpreted as a series of activities carried out by examining several written sources related to the role of teachers in the process of developing the Islamic religious education curriculum. The results of this research are that the curriculum development process generally consists of planning, the first step in developing a curriculum is generating ideas for programs, the second step is implementation, and the third is evaluation. The role of the teacher, there are at least four roles that must be carried out in the process of developing the Islamic religious education curriculum by teachers, namely the role of the teacher as implementer or implementer of the curriculum, the role of the teacher as developer or developer of the curriculum, the role of the teacher as an adapter or synchronizer of the curriculum, the role of the teacher as researcher or researchers. Curriculum.