PERBANDINGAN KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH BANDA ACEH DAN KURIKULUM SDIT BUNAYYA GAYO LUES

Penulis

  • Zakiyah Putri STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang
  • Taufik Rahman STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang
  • Sulasmi STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang

Kata Kunci:

Kurikulum Kuttab, Kurikulum SDIT, Perbandingan

Abstrak

Lembaga Pendidikan Kuttab Al-Fatih dan SDIT Bunayya adalah Lembaga Pendidikan yang berkembang di Indonesian. Kuttab Al-Fatih menggunakan kurikulum tersendiri yang mana mengacu kurikulum pusatnya di Depok. Sedangkan SDIT Bunayya Gayo Lues menggunakan kurikulum yang mengacu pada kurikulum nasional yang mana kurikulum nasional sekang  yaitu kurikulum Merdeka. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui tentang perbandingan implementasi kurikulum Kuttab Al-Fatih Banda Aceh dan kurikulum SDIT Bunayya Gayo Lues. Dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan implementasi kurikulum Kuttab Al-Fatih banda Aceh dan kurikulum SDIT Bunayya Gayo Lues, dari segi perencanaan, tujuan, isi materi, metode/strateri,dan evaluasi kurikulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini berupaya mencari fakta dengan interpretasi aktual terhadap data yang ditemukan, sifatnya deskriptif. Adapun tempat penelitian yaitu di Kuttab Al-fatih Banda Aceh dan SDIT Bunayya Gayo Lues. Sumber data penelitian diperoleh langsung dari kepala Kuttab Al-Fatih, koordinator kurikulum iman dan Al-Qur’an Kuttab Al-Fatih, kepala sekolah SDIT Bunayya dan koordinator kurikulum SDIT Bunayya. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengempulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan Kesimpulan, dengan menggunakan uji keabsahan data berupa tringulasi sumber,teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa perbedaan dan persamaan kurikulum Kuttab Al-Fatih dan kurikulum SDIT Bunayya. Dimana Kuttab Al-Fatih menggunakan perencanaan pembelajaran dengan RKK (Rencana Kegiatan Kuttab), sedangkan SDIT Bunayya menggunakan  RPP (Rencana pelaksanaan Pembelajaran). Isi/materi kurikulum Kuttab Al-Fatih berfokus pada modul yang telah dirancang dari pusat (Kuttab Al-Fatih Depok), sedangkang isi/materi kurikulum SDIT Bunayya mengacu pada isi kurikulum nasioanal pada umumnya seperti mata Pelajaran IPA/IPS, Ppkn, Pjok,dan lain-lain. Metode/strategi yang digunakan guru di Kuttab Al-Fatih adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab, sedangkan di SDIT Bunayya semakin bervariasi guru mengajar semakin bagus. Dan untuk evaluasi Kuttab Al-Fatih menggunakan ujian tema yang mana di setiap tema materi di ujiankan untuk menilai pemahaman murid, dan ujian akhir semester (UAS), dan evaluasi SDIT Bunayya sama seperti sekolah pada umumnya ada (UTS) ujian Tengah semester, dan (UAS) ujian akhir semester.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30