PENGARUH METODE CERAMAH, DISKUSI KELOMPOK, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • Rika Wahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam
  • Iskandar Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam

Kata Kunci:

Metode Ceramah, Diskusi Kelompok, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Pemahaman Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode ceramah, diskusi kelompok, dan motivasi belajar terhadap pemahaman siswa dengan keaktifan belajar sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan pada siswa MTs Al Muttaqien Balikpapan dalam konteks pembelajaran Fiqh. Menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori, data dikumpulkan dari 100 siswa yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah, diskusi kelompok, dan motivasi belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar. Selain itu, keaktifan belajar berpengaruh signifikan terhadap pemahaman siswa. Diskusi kelompok dan motivasi belajar juga menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan terhadap pemahaman siswa. Sementara itu, metode ceramah memengaruhi pemahaman siswa melalui keaktifan belajar sebagai variabel intervening. Penelitian ini menegaskan pentingnya keaktifan belajar dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqh.

This study aims to analyze the influence of lecture method, group discussion, and learning motivation on students' understanding, with learning activeness as an intervening variable. The research was conducted on students of MTs Al Muttaqien Balikpapan in the context of Fiqh learning. Using an explanatory quantitative approach, data were collected from 100 students who met the research criteria. Data analysis was performed using SmartPLS version 3.0. The results indicate that the lecture method, group discussion, and learning motivation significantly affect learning activeness. Additionally, learning activeness significantly influences students' understanding. Group discussion and learning motivation also directly and significantly affect students' understanding. Meanwhile, the lecture method affects students' understanding through learning activeness as an intervening variable. This study highlights the importance of learning activeness in enhancing students' understanding of Fiqh material.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30