PERANAN GURU PAI DAN GURU KELAS DALAM MENANGANI KASUS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG

Penulis

  • Syadza Aura Imaniah UIN Raden Fatah Palembang
  • Chairiyah Nazhifah UIN Raden Fatah Palembang
  • Meisya Andini UIN Raden Fatah Palembang
  • Aufa Khairunnisa UIN Raden Fatah Palembang
  • Ulfi Mutamainnah UIN Raden Fatah Palembang

Kata Kunci:

Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Kelas, Penanganan Kasus Siswa, Pendidikan Dasar

Abstrak

This research aims to analyze the role of Islamic Religious Education dan classroom teachers in addressing various students cases at SD Muhammadiyah 7 Palembang. The research employs a descriptive and qualitative method with a case study approach. Data collection was carried out through in-depth interviews, field observations, and archival research involving PAI teachers, classroom teachers, the principal, and several students. The findings indicate that both PAI teachers and classroom teachers play crucial role in resolving students academic and non-academic issues. Intervention strategies include individual approaches, counseling, intensive communication with parents, as well as motivation and personality development. Factors influencing the success of students case management include teacher competence, teamwork, and a supportive school environment. This study concludes that the active  roles of PAI teachers and classroom teachers are essential in creating a positive learning environment and supporting students overall development at SD Muhammadiyah 7 Palembang.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan guru kelas dalam menangani  kasus siswa yang berbeda-beda di Sekolah SD Muhammadiyah 7 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif  dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan penelitian kearsipan terhadap guru PAI, guru kelas, kepala sekolah, dan beberapa siswa. Temuan menunjukkan bahwa guru PAI dan guru kelas berperan penting dalam mengatasi permasalahan  akademik dan non-akademik siswa. Strategi pengobatan meliputi pendekatan individual,  konseling, komunikasi intensif dengan orang tua, serta  motivasi dan pengembangan kepribadian. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan manajemen kasus siswa antara lain kompetensi guru, kerja sama tim, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran aktif guru PAI dan guru kelas sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menunjang perkembangan  siswa secara keseluruhan di Sekolah SD Muhammadiyah 7 Palembang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30