PERANAN GURU PAI DAN GURU KELAS DALAM MENANGANI KASUS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG
Kata Kunci:
Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Kelas, Penanganan Kasus Siswa, Pendidikan DasarAbstrak
This research aims to analyze the role of Islamic Religious Education dan classroom teachers in addressing various students cases at SD Muhammadiyah 7 Palembang. The research employs a descriptive and qualitative method with a case study approach. Data collection was carried out through in-depth interviews, field observations, and archival research involving PAI teachers, classroom teachers, the principal, and several students. The findings indicate that both PAI teachers and classroom teachers play crucial role in resolving students academic and non-academic issues. Intervention strategies include individual approaches, counseling, intensive communication with parents, as well as motivation and personality development. Factors influencing the success of students case management include teacher competence, teamwork, and a supportive school environment. This study concludes that the active roles of PAI teachers and classroom teachers are essential in creating a positive learning environment and supporting students overall development at SD Muhammadiyah 7 Palembang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan guru kelas dalam menangani kasus siswa yang berbeda-beda di Sekolah SD Muhammadiyah 7 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan penelitian kearsipan terhadap guru PAI, guru kelas, kepala sekolah, dan beberapa siswa. Temuan menunjukkan bahwa guru PAI dan guru kelas berperan penting dalam mengatasi permasalahan akademik dan non-akademik siswa. Strategi pengobatan meliputi pendekatan individual, konseling, komunikasi intensif dengan orang tua, serta motivasi dan pengembangan kepribadian. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan manajemen kasus siswa antara lain kompetensi guru, kerja sama tim, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran aktif guru PAI dan guru kelas sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menunjang perkembangan siswa secara keseluruhan di Sekolah SD Muhammadiyah 7 Palembang.