GAYA KOMUNIKASI TAYANGAN TALKSHOW ‘KICK ANDY’ TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA PMI 3A
Kata Kunci:
Gaya Komunikasi, Kick Andy, MotivasiAbstrak
Kick Andy is a news show packaged into a talkshow with a conventional news pattern which has structured characteristics, a fixed broadcast schedule, still using journalists in news gathering, trusted news sources such as interviews from expert sources. This title uses Persuasive Communication Theory because in talk shows, the communication style used aims to influence, inspire and change the mindset or attitude of the audience. The Kick Andy talk show can be analyzed through Aristotle's theory of persuasive communication, which consists of three main elements, namely ethos, pathos and logos. Ethos relates to the credibility and character of the speaker or source of the message. Pathos focuses on the ability to evoke emotions in the audience. Meanwhile, Logos focuses on using logic and rational arguments to support the message, not only relying on emotional stories, but also providing logical and real information to motivate the message.
Kick Andy adalah tayangan berita yang dikemas menjadi sebuah talkshow dengan pola news konvensional yang memiliki ciri terstruktur, jadwal tayangnya yang tetap, masih menggunakan jurnalis dalam pengumpulan berita, sumber berita yang terpercaya seperti wawancara dari narasumber ahli. Judul ini menggunakan Teori Komunikasi Persuasif karena dalam talkshow, gaya komunikasi yang digunakan bertujuan untuk mempengaruhi, menginspirasi, dan mengubah pola pikir atau sikap audiens. Dalam tayangan talkshow Kick Andy dapat dianalisis melalui teori komunikasi persuasif Aristoteles, yang terdiri dari tiga elemen utama, yakni ethos, pathos dan logos. Ethos berkaitan dengan kredibilitas dan karakter dari pembicara atau sumber pesan. Pathos berfokuss pada kemampuan untuk membangkitkan emosi dalam diri penonton. Sedangkan Logos berfokus pada penggunaan logika dan argumen rasional untuk mendukung pesan, tidak hanya mengandalkan cerita emosional, tetapi juga memberikan informasi yang logis dan nyata untuk memotivasi pesan.