PENGEMBANGAN MATERI HADITS TEHNIK PENYAMPAIN DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Penulis

  • Helmi Febriana Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Bulukumba
  • Nila Astri Suyatno Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Bulukumba
  • Umi Nur Kholifatun Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Bulukumba
  • Novi Aulia Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Bulukumba
  • Jusriadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Pengembangan, Tehnik, Media Pengembangan Materi Hadits

Abstrak

Jurnal ini membahas pentingnya pengembangan materi hadist dalam konteks pendidikian Islam. Hadist sebagai sumber hokum kedua setelah AL-Qur’an memegang peranan vital dalam pembentukan moral dan karakter umat islam. Penelitian ini mengidentifikasi  tehnik penyampaian dan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan hadits oleh peserta didik. Metode yang di bahas meliputi ceramah interaktif,hafalan dengan pemahaman, problem-Based Learning (PBL), dan role-playing, yang masing-masing memiliki kelebiahan dan kekurangan. Selain itu, media pembelajaran seperti audio-visual, aplikasi mobile, kartu hadits, dan infografis di perkenalkan sebagai sarana untuk mendukung proses belajar mengajar.

This journal discusses the importance of developing hadith material within the context of Islamic education. Hadith, as the second source of law after the Qur'an, plays a vital role in shaping the morals and character of Muslims. This research identifies effective delivery techniques and learning media to enhance the understanding and application of hadith by students. The methods discussed include interactive lectures, memorization with comprehension, Problem-Based Learning (PBL), and role-playing, each with its advantages and disadvantages. Additionally, learning media such as audio-visual tools, mobile applications, hadith cards, and infographics are introduced as means to support the teaching and learning process.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30