STRATEGI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MULTIKULTURAL
Kata Kunci:
Manajemen Peserta Didik, Inklusif, MultikulturalAbstrak
Peserta didik merupakan salah satu objek pendidikan yang sangat penting untuk diperhatikan. Anggota masyarakat ini berusaha mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Aspek kunci dalam pembangunan masyarakat yang berkualitas salah satunya yaitu pendidikan. Pendidikan Inklusif di sekolah multikultural sangat menjadi perhatian kita yang perlu kita kembangkan. Strategi sekolah memanajemen peserta didik, akan memberikan kualitas yang bagus pada setiap sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode studi literatur baik dari buku, atau jurnal-jurnal yang relevan. Strategi yang perlu dikembangkan diantaranya yaitu dengan memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik dapat mendapatkan ilmu, kenyamanan, serta kesesuain dengan pribadinya. Hal ini butuh dukungan dari setiap aspek, baik dari rumah hinga masyarakat.
Students are one of the objects of education that is very important to pay attention to. Members of this community try to develop their potential through the learning process available at certain paths, levels and types of education. One of the key aspects in developing a quality society is education. Inclusive education in multicultural schools is something we really pay attention to that we need to develop. The school's strategy for managing students will provide good quality in each school. This type of research is qualitative research, using literature study methods from books or relevant journals. Strategies that need to be developed include providing opportunities for each student to gain knowledge, comfort and personal suitability. This requires support from every aspect, from home to community.