KEPERLUAN MEDIA VIDEO DAN KUIS BERBASIS WORDWALL PADA MATERI DINASTI ABASIYAH KELAS VIII
Kata Kunci:
Keperluan, Media Video, Kuis Berbasis WordwallAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analaisis kebutuhan penggunaan media pembelajaran berbasis digital, khususnya video dan kuis berbasis Wordwall, dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Abbasyiah pada kelas VIII. Adapun penggunaan metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan melibatkan pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keperluan yang cukup signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menarik, seperti media pembelajaran video dan kuis berbasis Wordwall, yang mana media tersebut untuk menunjang keperluan media pembelajaran terhadap materi Dinasti Abbasiyah. Responden mengungkapkan bahwa penggunaan media tersebut memberikan banyak kebermanfaatan. Adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah rekomendasi bagi para pengembangan media pembelajaran agar media media pembelajaran yang digunakan lebih efektif dalam proses belajar mengajar di sekolah.
This research aims to determine the analysis of the need for using digital-based learning media, especially Wordwall-based videos and quizzes, in learning the History of Islamic Culture on the Abbasid Dynasty material in class VIII. The use of this research method is descriptive qualitative, involving data collection through questionnaires distributed to 25 students. The results of the research show that there is a significant need for the use of more fun and interesting learning media, such as video learning media and Wordwall-based quizzes, which are media to support learning media needs for material from the Abbasid Dynasty. Respondents revealed that using this media provides many benefits. It is hoped that this research can become a recommendation for those developing learning media so that the learning media used is more effective in the teaching and learning process in schools.