ANALISIS MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SD, SMP/MTs.N dan SMA/MAN

Penulis

  • Nurfadilah STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Nur Ulpa Ulandari STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Evi Erpiana STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Annisa Nur Insani STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Annisa Salsabilah STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Nurul Aisyah Ramadani STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Askar Hidayat STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Umi Nur Kholifatun STAI Al-Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Pembentukan Karakter, Pendekatan Kontekstual

Abstrak

Pendidkan Agama Islam sangat berperan penting dalam pembentukan karakter peserta didik dimana dalam memahami materi PAI secara mendalam tentunya mampu membuat peserta didik menginternalisasikan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengembangan materi PAI yang lebih kontektual dan relevan tentunya membutuhkan yang namanya strategi diantaranya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran yaitu CTL (contekstual teaching and learning) dan analisis kebutuhan peserta didik. Hal ini tentunya mampu memastikan bahwa materi PAI tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan akan tetapi juga mampu meningkatkan kesadaran dan keterampilan peserta didik. Kajian ini tentunya bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai tujuan dan ruang lingkup materi PAI. Kajian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan menjadikan sejumlah hasil kajian peneliti terdahulu sebagai sumber data utamanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dari materi PAI di Sekolah/Madrasah yaitu untuk menumbuhkembangkan akidah melalui pengetahuan, penghayatan,  pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama islam menjadikan manusia yang berkembang dengan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT serta ruang lingkup.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30