IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN SEKOLAH MENEGAH ATAS ISLAM TERPADU
Kata Kunci:
Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Hubungan Masyarakat, MasyarakatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pendidikan Islam dalam konteks manajemen hubungan masyarakat (public relations) di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT). Manajemen hubungan masyarakat di SMA IT sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara sekolah, orang tua, dan masyarakat sekitar, guna mendukung proses pendidikan yang berkualitas dan berbasis nilai-nilai Islam. Implementasi manajemen pendidikan Islam dalam konteks ini diharapkan dapat memperkuat hubungan sekolah dengan berbagai pihak dan menciptakan sinergi yang positif untuk keberlanjutan pendidikan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, orang tua siswa, serta pengurus sekolah. Selain itu, observasi terhadap kegiatan yang melibatkan masyarakat dan sekolah, seperti pertemuan orang tua, kegiatan sosial, dan program-program kerjasama, juga dilakukan untuk menggali lebih dalam mengenai implementasi manajemen hubungan masyarakat di SMA IT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen pendidikan Islam dalam manajemen hubungan masyarakat di SMA IT telah berjalan dengan baik, namun masih perlu ditingkatkan dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial untuk memperluas jangkauan komunikasi. Sekolah telah mengembangkan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, seperti program dakwah, pelatihan, dan acara sosial, yang bertujuan untuk mempererat hubungan dengan orang tua dan masyarakat sekitar. Pendekatan manajerial berbasis prinsip-prinsip Islam, seperti musyawarah dan keterbukaan, juga diterapkan dalam setiap aktivitas hubungan masyarakat.Kesimpulannya, implementasi manajemen pendidikan Islam dalam konsep manajemen hubungan masyarakat di SMA IT telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kerjasama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah terus meningkatkan kualitas komunikasi dan memperluas jangkauan kerjasama dengan masyarakat, serta memanfaatkan teknologi untuk memperkuat hubungan yang telah terbentuk.
This study aims to analyze the implementation of Islamic education management in the context of public relations management at Integrated Islamic Senior High Schools (SMA IT). Public relations management at SMA IT is crucial in establishing effective communication between the school, parents, and the surrounding community to support a quality education process based on Islamic values. The implementation of Islamic education management in this context is expected to strengthen the relationship between the school and various stakeholders, creating positive synergy for the sustainability of education.The research methodology uses a qualitative approach with a case study design. Data collection was conducted through in-depth interviews with the principal, teachers, parents, and school administrators. Additionally, observations of activities involving the community and the school, such as parent meetings, social activities, and cooperation programs, were carried out to gain deeper insights into the implementation of public relations management at SMA IT.The results of the study indicate that the implementation of Islamic education management in public relations management at SMA IT has been successful, although improvements are needed in the utilization of information technology and social media to expand communication outreach. The school has developed various activities involving the community, such as da'wah programs, training sessions, and social events, aimed at strengthening relationships with parents and the local community. Managerial approaches based on Islamic principles, such as consultation (musyawarah) and openness, are also applied in every public relations activity.In conclusion, the implementation of Islamic education management in the concept of public relations management at SMA IT has had a positive impact on enhancing cooperation between the school, parents, and the community. This study recommends that the school continue to improve communication quality, expand collaboration with the community, and utilize technology to strengthen the established relationships.