HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Pola Asuh Orang Tua, ReligiusAbstrak
Hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT). Karakter religius merupakan aspek penting dalam perkembangan pribadi siswa, yang sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, salah satunya adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Dalam konteks pendidikan Islam, pola asuh orang tua yang sesuai dengan ajaran agama diyakini dapat membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia dan berorientasi pada nilai-nilai spiritual. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada orang tua siswa dan wawancara dengan guru serta siswa yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pola asuh yang diterapkan dan pengaruhnya terhadap karakter religius siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua, seperti pola asuh demokratis, otoritatif, dan permisif, terhadap pembentukan karakter religius siswa. Pola asuh yang lebih mendekati prinsip ajaran Islam, yaitu memberikan perhatian terhadap ibadah, pendidikan moral, serta keteladanan orang tua, berkontribusi besar dalam membentuk karakter religius siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana pola asuh orang tua dapat mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa, khususnya di lingkungan SMP IT, serta memberikan rekomendasi bagi orang tua dan pendidik dalam mengoptimalkan peran mereka dalam membentuk karakter religius siswa
This study aims to examine the relationship between parental parenting patterns and the development of students' religious character at Integrated Islamic Junior High Schools (SMP IT). Religious character is an important aspect of students' personal development, which is greatly influenced by external factors, one of which is the parenting style applied by parents. In the context of Islamic education, parenting patterns that align with religious teachings are believed to shape students' personalities to be noble and oriented toward spiritual values.This research uses a quantitative approach with a correlational research design. Data were collected through questionnaires distributed to parents, as well as interviews with teachers and students, aimed at obtaining information about the parenting patterns implemented and their influence on students' religious character. The results show that there is a significant relationship between parenting styles, such as democratic, authoritative, and permissive parenting, and the formation of students' religious character. Parenting styles that are closer to Islamic principles, such as attention to worship, moral education, and parental role modeling, greatly contribute to shaping the religious character of students.Therefore, this research provides an important contribution to understanding how parental parenting patterns can influence the formation of students' religious character, especially in the context of SMP IT, and offers recommendations for parents and educators to optimize their roles in shaping students' religious character.