PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Kata Kunci:
Pendidikan Anak, Perspektif Al-Qur’an, Era DigitalisasiAbstrak
Penelitian ini guna menelaah pendidikan anak perspektif al-Qur’an dan aktualisasinya di era digitalisasi yang mencangkup pembahasan: 1) hakikat pendidikan anak, 2) pendidikan anak dalam perspektif al-Qur’an, dan 3) aktualisasi pengembangan konsep pendidikan anak di era digitalisas. Jenis penelitian ini adalah Library research, yakni telaah yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Pada penelitian seperti ini bahan-bahan pustaka digunakan sebagai sumber ide dalam menggali pemikiran atau pun gagasan baru, sebagai bahan dasar untuk melakukan dedukasi dari pengetahuan yang telah ada, sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan dan dapat digunakan sebagai pemecahan masalah. Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang menitikberatkan analisis terhadap data-data yang ada sebelumnya. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif analisis. Teknik yang digunakan dalam analisis penelitian ini menggunakan metode content analysis, yaitu analisis data yang mendeskripsikan secara objektif dan sistematis sehingga dapat menarik kesimpulan yang sahih. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: 1) Pendidikan anak yakni usaha sadar pada anak yang sedang berkembang menuju kesempurnaan yaitu dewasa, sebagai upaya untuk memajukan tumbuh kembangnya dan belajar menjadi pribadi yang mandiri, mengembangkan konsep diri dan bertanggung jawab atas perbuatan dan tindakannya. 2) Al-Qur’an juga menjelaskan dasar dari pendidikan anak yang dikemas dalam kisah Luqman al-Hakim. Terdapat dua kategori pendidikan anak yang terkandung dalam al Qur’an yaitu materi dan metode.
This research is to examine children's education from the perspective of the Koran and its actualization in the digitalization era which includes discussions: 1) the nature of children's education, and 2) children's education in the perspective of the Koran. This type of research is library research, which is a study used to solve a problem which basically relies on a critical and in-depth study of relevant library materials. In research like this, library materials are used as a source of ideas in exploring new thoughts or ideas, as a basis for deduction from existing knowledge, so that new theoretical frameworks can be developed and can be used as problem solving. This research is qualitative in nature, namely research that focuses on the analysis of existing data. While the method used in this research is descriptive analysis. The technique used in the analysis of this research uses the method of content analysis, namely data analysis that describes objectively and systematically so that it can draw valid conclusions. The results of this study show that: 1) Children's education is a conscious effort in children who are developing towards perfection, namely adults, as an effort to advance their growth and development and learn to become independent individuals. develop self-concept and be responsible for their actions and actions. 2) The Qur'an also explains the basis of children's education which is packaged in the story of Luqman al-Hakim. There are two categories of children's education contained in the Qur'an, namely materials and methods.