PENGARUH KEGIATAN LITERASI AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KECERDAAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNGPANDAN BELITUNG

Penulis

  • Selvita Azkiyah Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
  • Siti Rohmah Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta

Kata Kunci:

Literasi Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional, Siswa

Abstrak

Terdapat banyak hal yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa, salah satunya melalui kegiatan literasi Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Belitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai alat untuk pengambilan sampelnya. Adapun total sampel yang digunakan berjumlah 74 responden yang diperoleh dari hasil pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan standar eror 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi Al-Qur’an memiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa yaitu sebesar R2 = 22,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

There are many things that influence students emotional intelligence, one of which is through Al-Qur’an literacy activities. This research aims to determine the effect of Al-Qur’an literacy activities in increasing students emotional intelligence at SMA Negeri 1 Tanjungpandan, Belitung Regency. This research uses a quantitative approach using purposive sampling technique as a tool for sampling. The total sample used was 74 respondent obtained from sampling results using the Slovin formula with a standard error of 10%. The results of the research show that Al-Qur’an literacy activities have an influence on students emotional intelligence, namely R2 = 22,5% and the rest is influenced by other factors not examinedin this study.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30