PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI DESA BANGERAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Khunafah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nelud Drajatul Aliyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

Kata Kunci:

Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan belajar

Abstrak

Abstrak: Pendidikan memegang peranan yang sangat penting sebagai landasan utama dalam membentuk sumber daya manusia yang mempunyai kualitas dan potensi unggul. Namun rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa dalam proses pembelajaran disebabkan karena masih banyak siswa yang belum mandiri dalam belajar. Jika kemandirian belajar siswa dan lingkungan belajar siswa juga mempunyai motivasi yang tinggi maka prestasi belajar akan meningkat sehingga menumbuhkan keaktifan siswa di sekolah dan juga menghasilkan ide-ide. cemerlang yang meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Dengan melibatkan 60 siswa sebagai sampel penelitian, pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang mencakup variabel kemandirian belajar, kondisi lingkungan belajar, dan prestasi belajar. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Abstract: Education plays a very important role as the main basis for forming human resources who have superior quality and potential. However, the low economic learning achievement of students in the learning process is due to the fact that many students are not yet independent in learning. If student learning independence and the student learning environment also have high motivation, learning achievement will increase, thereby fostering student activity at school and also generating ideas. brilliant ones that raise the quality of education. This research aims to investigate the impact of independent learning and the learning environment on student learning achievement at Public Elementary School Bangeran Village, Dukun District, Gresik Regency. By involving 60 students as research samples, sampling was carried out by census. Data was collected through the distribution of questionnaires which included variables such as learning independence, learning environment conditions, and learning achievement. Data analysis was carried out through validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and multiple linear regression. The results of this research indicate that learning independence and the learning environment have a significant impact on student learning achievement.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30