IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN AHKLAK (STUDI TENTANG PEMBIASAAN DAN KETELADANAN) DI MTS AZ – ZUHRI MEDAN SINEMBAH KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG
Kata Kunci:
Metode, Pendidikan Dan AkhlakAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Pendidikan ahklak di MTs AZ – Zuhri Medan Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Untuk mendeskripsikan metode pendidikan ahklak siswa di MTs AZ – Zuhri Medan Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang sudah efektif Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode Pendidikan akhlak di MTs AZ – Zuhri Medan Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara terhadap informan dan analisis data menggunakan deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pendidikan akhlak yang diberikan kepada siswa di MTs Az-Zuhri Sinemba Medan dilakukan melalui dua bentuk pendidikan yaitu pendidikan formal melalui bidang studi akidah akhlak di kelas. Pendidikan di luar jam pelajaran melalui pembinaan dan pengarahan kepada siswa agar benar-benar memiliki akhlak yang baik dan pembiasaan melalui kepatuhan terhadap disiplin dan peraturan yang ditetapkan di sekolah. Metode pendidikan akhlak yang diberikan kepada siswa di MTs Az-Zuhri adalah melalui metode pendidikan kelas dengan penjelasan dan Tanya jawab, metode peneladanan oleh guru di lingkungan sekolah dan metode percontohan yang dilakukan oleh guru kepada siswa di lingkungan sekolah. Faktor pendukung pendidikan akhlak kepada siswa adalah adanya kerjasama yang baik antara guru dan kepala sekolah serta orangtua siswa dalam memperhatikan dan membentuk akhlak siswa. Terpenuhinya sarana dan prasarana sekolah. Sedangkan factor penghambat adalah adanya pengaruh pergaulan di tengah-tengah masyarakat dan factor adanya pengaruh informasi dan media social sebagaimana diketahui bahwa siswa pada umumnya memiliki alat android yang dapat mengkonsumsi berbagai informasi dan berita yang dapat merusak akhlak siswa.
The aim of this research is to describe moral education at MTs AZ – Zuhri Medan Sinembah, Tanjung Morawa District, Deli Serdang Regency. To describe the method of moral education for students at MTs AZ – Zuhri Medan Sinembah, Tanjung Morawa District, Deli Serdang Regency, which is effective. To describe the supporting and inhibiting factors of the moral education method at MTs AZ – Zuhri Medan Sinembah, Tanjung Morawa District, Deli Serdang Regency. This research method uses qualitative methods with data collection techniques, interviews with informants and data analysis using descriptive data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this research are that the moral education given to students at MTs Az-Zuhri Sinemba Medan is carried out through two forms of education, namely formal education through the field of study of moral beliefs in the classroom. Education outside of class hours through coaching and directing students to truly have good morals and habits through compliance with discipline and regulations set at school. The moral education method given to students at MTs Az-Zuhri is through the classroom education method with explanations and questions and answers, the exemplary method by teachers in the school environment and the exemplary method carried out by teachers to students in the school environment. The supporting factor for moral education for students is good cooperation between teachers, school principals and parents in paying attention to and forming students' morals. Fulfillment of school facilities and infrastructure. Meanwhile, the inhibiting factor is the influence of social interactions in society and the influence of information and social media. It is known that students generally have Android devices that can consume various information and news that can damage students' morals.