UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT SANTRIWATI PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX C MTS DAARUL ISTIQLAL MEDAN

Penulis

  • Rahma Yani Universitas Islam Sumatera Utara
  • Mohammad Firman Maulana Universitas Islam Sumatera Utara

Kata Kunci:

Upaya dan Minat

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat santriwati pada mata pelajaran bahasa Arab Kelas IX C MTs Daarul Istiqlal Medan. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat santriwati pada mata pelajaran bahasa Arab Kelas IX C MTs Daarul Istiqlal Medan. Untuk mengetahui upaya guru untuk mengatasi kendala pada proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan dilaksanakan pada tgl 21 mei 2024.Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, pengajar atau pembimbing bahasa Pondok Pesantren Daarul Istiqlal Medan, santriwati IX C MTs Daarul Istiqlal Medan. Teknik pengumpulan data melibatkan wawncara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa Minat belajar bahasa Arab santriwati kelas IX C MTS Daarul Istiqlal Medan pada dasarnya adalah rendah, rendahnya minat santriwati adalah berdasarkan keseriusan mengikuti proses belajar bahasa Arab kurang dan rendah nilai belajar bahasa Arab dengan rata-rata 60-70. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab santriwati kelas IX C MTS Daarul Istiqlal Medan adalah melalui penggunaan metode pembelajaran yang efektif dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dan menarik. Meningkatkan kegiatan muhadarah, kursus kelas khusus dan pembiasaan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari. Melalui upaya ini minat belajar siswa meningkat dan nilai rata-rata bahasa Arab santriwati 80-90. Kendala yang dihadapi santriwati dalam belajar bahasa Arab adalah memahami istilah dan memahami nahwu serta pembiasaan berbahasa dalam sehari-hari. Upaya mengatasinya adalah dengan motivasi yang diberikan oleh guru bahasa Arab, guru nahwu, dan wali asrama.

The purpose of this study was to determine the interest of female students in the Arabic subject of Class IX C MTs Daarul Istiqlal Medan. To find out the efforts made to increase the interest of female students in the Arabic subject of Class IX C MTs Daarul Istiqlal Medan. To find out the teacher's efforts to overcome obstacles in the Arabic language learning process. This study uses a qualitative-descriptive approach and was conducted on May 21, 2024. The research informants consisted of the principal, teachers or language tutors of the Daarul Istiqlal Medan Islamic Boarding School, female students of IX C MTs Daarul Istiqlal Medan. Data collection techniques involve in-depth interviews, observation, and documentation. Data validity is obtained through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study are that the interest in learning Arabic of female students in class IX C MTS Daarul Istiqlal Medan is basically low, the low interest of female students is based on the seriousness of following the Arabic learning process is lacking and the low Arabic learning scores are on average 60-70. Efforts made by teachers to increase the interest in learning Arabic of female students in class IX C MTS Daarul Istiqlal Medan are through the use of effective learning methods and the use of appropriate and interesting learning media. Increasing muhadarah activities, special class courses and getting used to Arabic as an everyday language. Through these efforts, students' interest in learning increases and the average Arabic score of female students is 80-90. The obstacles faced by students in learning Arabic are understanding terms and understanding nahwu sharaf and getting used to speaking in everyday life. Efforts to overcome this are through motivation given by Arabic teachers, nahwu teachers, and supervisors.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-27