PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS X SMAN 1 LINGGO SARI BAGANTI

Penulis

  • Taza Tanshila UIN Imam Bonjol Padang
  • Khadijah UIN Imam Bonjol Padang

Kata Kunci:

Metode Hypnoteaching, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Abstrak

Dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar dari peserta didik dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pendidik belum menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Selain itu, pendidik masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu berpusat kepada pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Motivasi Belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran PAI-BP di SMAN 1 Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan,(2) Motivasi Belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode hypnoteaching pada mata pelajaran PAI-BP di SMAN 1 Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, (3) Pengaruh motivasi belajar peserta didik kelas yang menggunakan metode hypnoteaching dan kelas yang tidak menggunakan metode hypnoteaching di SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 1 Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2024/2025 sedangkan untuk sampelnya yaitu kelas X E1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E5 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orang peserta didik. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS versi 26, diperoleh rata-rata nilai Post-test kelas eksperimen 84,03 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai Post-test 78,97. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26, diperoleh dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar = 0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI-BP kelas X di SMAN 1 Linggo Sari Baganti,Kabupaten Pesisir Selatan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-27