PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN ROHIS BERBASIS BILINGUAL DI SMPN 3 TANGERANG SELATAN
Kata Kunci:
Penguatan Pembelajaran PAI, Rohis, BilingualAbstrak
Rendahnya sikap keagamaan siswa di sekolah dikarenakan banyaknya budaya asing yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan sikap keagamaan siswa. Dan dimana Rohis memiliki potensi besar untuk memperkuat pembelajaran PAI di sekolah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan program rohis berbasis bilingual yang lebih menarik dan relevan bagi siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip penguatan yang tepat dalam kegiatan rohis berbasis bilingual menciptakan lingkungan belajar yang positif, meningkatkan motivasi, keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Selain itu, kegiatan rohis berbasis bilingual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Dapat dilihat dari berbagai aktivitas siswa dalam kegiatan rohis berbasis bilingual ini, seperti membuat teks pidato keagamaan yang kemudian di praktekan dalam kegiatan rohis rutin jum’at pagi. Kegiatan ini dapat melatih 4 keterampilan bahasa, yaitu writing, reading, speaking dan listening.
The low religious attitudes of students at school are due to the large number of foreign cultures which have a negative influence on the development of students' religious attitudes. And where Rohis has great potential to strengthen PAI learning in schools. Therefore, it is necessary to develop a bilingual-based spiritual program that is more interesting and relevant for students.This research uses qualitative research, using observation, interview and documentation methods, and uses data analysis techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions.The results of this research indicate that the application of appropriate reinforcement principles in bilingual-based spiritual activities creates a positive learning environment, increasing students' motivation, involvement and understanding of PAI material. In addition, bilingual-based spiritual activities have proven to be effective in improving students' language skills. It can be seen from the various student activities in this bilingual-based spiritual activity, such as writing religious speech texts which are then practiced in routine Friday morning spiritual activities. This activity can train 4 language skills, namely writing, reading, speaking and listening.