KONSEP, METODOLOGI, DAN MODEL PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH DAN ATAS
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Metodologi Pembelajaran, Model Pembelajaran, Sekolah Menengah, Inovasi PendidikanAbstrak
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat Sekolah Menengah dan Atas memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Artikel ini membahas konsep dasar PAI, metodologi yang digunakan dalam pembelajaran, serta model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Melalui analisis literatur dan kajian praktis, ditemukan bahwa pendekatan integratif dan inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi interaktif, serta pemanfaatan teknologi digital dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI.
Islamic Religious Education (PAI) learning at the Junior High School and Senior High School levels has an important role in shaping the character and morals of students. This article discusses the basic concepts of PAI, the methodology used in learning, and effective learning models to improve the understanding and implementation of Islamic values in everyday life. Through literature analysis and practical studies, it was found that integrative and innovative approaches such as project-based learning, interactive discussions, and the use of digital technology can improve the effectiveness of PAI learning.