TRANFORMATIF PENDIDIKAN ISLAM DALAM TANTANGAN MODERNITAS (TELAAH PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA)
Kata Kunci:
Transformatif, Pendidikan Islam, ModernitasAbstrak
Pemikiran tentang islamisasi ilmu pengetahuan menimbulkan tantangan baru bagi pendidikan Islam di Indonesia. Pendidikan Islam mengalami banyak perubahan dalam sejarah mulai dari masa kolonial hingga masa sekarang ini. Namun, kritikan Azyumardi Azra tentang Islamisasi ilmu dan lebih menitikberatkan perubahan pada kualitas lembaga dan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan modernitas. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan yang mengkaji konsep dari sumber bacaan dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam masih tertinggal dibandingkan dengan sistem pendidikan lainnya, terutama dalam hal profesionalitas pendidik, kompetensi bersaing, dan perilaku siswa yang terkadang bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, upaya transformatif pendidikan Islam diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Solusi dari gagasan modernisasi Azyumardi Azra menekankan integrasi nilai-nilai dan ilmu pengetahuan Islam, peningkatan kualitas tenaga pendidik, dan penguatan daya saing institusi pendidikan Islam di era global.
The idea of the Islamisation of science poses new challenges for Islamic education in Indonesia. Islamic education has undergone many changes in history from the colonial period to the present. However, Azyumardi Azra's criticism of the Islamisation of science and focuses more on changes in the quality of institutions and human resources. The purpose of this research is to find out the changes in Islamic Education in facing the challenges of modernity. The research methodology used is library research that examines concepts from reading sources and literature. The results of this study indicate that Islamic education is still lagging behind compared to other education systems, especially in terms of educators' professionalism, competitive competence, and student behaviour that sometimes contradicts Islamic values. Therefore, transformative efforts of Islamic education are needed to face the challenges of adjusting to the times. The solution to Azyumardi Azra's modernisation ideas emphasises the integration of Islamic values and science, improving the quality of educators, and strengthening the competitiveness of Islamic education institutions in the global era.