PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK-ANAK DI RT 24 BARU TENGAH
Kata Kunci:
Membaca Al-Qur’an, Pembentukan Karakter Anak-AnakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membaca Al-Qur’an terhadap pembentukan karakter anak-anak di RT 24. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, sebanyak 16 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah kuisioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dinyatakan bahwa tTabel > tHitung yaitu = 2,311 > 2,145, dengan nilai signifikansinya sebesar 0,037 < 0,05. Berdasarkan hasil uji t tersebut, maka hal ini bermakna bahwa variabel X (membaca Al-Qur’an) memiliki pengaruh terhadap peningkatan variabel Y (pembentukan karakter anak-anak RT 24).
: This study aims to determine the influence of reading the Qur'an on the character development of children in RT 24. This research is a descriptive quantitative study, with data collection techniques using observation involving 16 children. The instrument used for data collection was a questionnaire. The results of the study showed that based on the hypothesis test using the t-test, it was found that tTable > tCalculated, namely 2.311 > 2.145, with a significance value of 0.037 < 0.05. Based on this t-test result, it can be concluded that variable X (reading the Qur'an) has a significant influence on the improvement of variable Y (character development of children in RT 24).