EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMP AL-HAYAT SAMBOJA
Kata Kunci:
Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audiovisual terhadap peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, sebanyak 20 peserta didik kelas 8b SMP Al-Hayat Samboja. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah kuisioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,076 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak ada “efektivitas penggunaan media audio visual (X) terhadap motivasi belajar PAI (Y)” ini mempertegas tidak adanya efektivitas penggunaan media audio visual dalam peningkatan motivasi belajar PAI pada peserta didik kelas 8b SMP Al-Hayat Samboja.
This study aims to determine the effectiveness of audiovisual media on increasing motivation to learn Islamic religious education. This type of research is quantitative descriptive research with data collection techniques in the form of observations of 20 students of class 8b of Al-Hayat Samboja Middle School. The data collection instrument used is a questionnaire. The results of the study show that from the results it is known that the significance value (Sig.) of 0.076 is smaller than the probability of 0.05, so it can be concluded that Ho is accepted and Ha is rejected which means that there is no "effectiveness of using audiovisual media (X) on motivation to learn PAI (Y)" this confirms the absence of effectiveness of using audiovisual media in increasing motivation to learn PAI in class 8b students of Al-Hayat Samboja Middle School.