PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH TERHADAP ANAK USIA DINI DI SD ISLAM AL AZHAR 58 BALIKPAPAN
Kata Kunci:
Pembelajaran Aqidah, Anak Usia Dini, SD Islam Al AzharAbstrak
Pembelajaran adalah suatu kegiatan interaksi antara anak didik dengan pendidik pada suatu lingkungan belajar. Aqidah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kepercayaan dan keyakinan yang harus diimani oleh setiap orang didunia khususnya orang-orang Islam. Hanya saja, kepribadian ini tidak bisa sempurna, kecuali jika diarahkan, dibina, dan dibimbing dari segala aspeknya. Masa paling subur bagi pembinaan kepribadian ini, baik pola pikir dan kejiwaannya adalah fase kanak-kanak. Dalam kehidupan sehari-hari akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Akhlak dalam agama Islam telah diajarkan kepada semua pemeluknya agar dirinya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya serta berguna bagi orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Pembelajaran Aqidah Terhadap Anak Usia Dini di SD Islam Al Azhar 58 Balikpapan sebanyak 16 orang, adalah sebesar 11,9% perubahan pada variabel Y, sedangkan sisanya sebesar 88,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Dengan demikian, meskipun Pembelajaran Aqidah tetap menjadi komponen penting dalam pendidikan anak, hasil penelitian ini menyarankan bahwa pendekatan pembelajaran perlu dirancang lebih menarik, kontekstual, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.