PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH TERHADAP ANAK USIA DINI DI SD ISLAM AL AZHAR 58 BALIKPAPAN

Penulis

  • Setyowati Wulandari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan
  • Iskandar Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan

Kata Kunci:

Pembelajaran Aqidah, Anak Usia Dini, SD Islam Al Azhar

Abstrak

Pembelajaran adalah suatu kegiatan interaksi antara anak didik dengan pendidik pada suatu lingkungan belajar. Aqidah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kepercayaan dan keyakinan yang harus diimani oleh setiap orang didunia khususnya orang-orang Islam. Hanya saja, kepribadian ini tidak bisa sempurna, kecuali jika diarahkan, dibina, dan dibimbing dari segala aspeknya. Masa paling subur bagi pembinaan kepribadian ini, baik pola pikir dan kejiwaannya adalah fase kanak-kanak. Dalam kehidupan sehari-hari   akhlak   merupakan   hal   yang   sangat penting   dalam bertingkah   laku.   Dengan akhlak   yang   baik   seseorang   tidak   akan terpengaruh    pada   hal-hal yang   negatif. Akhlak dalam agama Islam telah diajarkan kepada   semua   pemeluknya   agar   dirinya menjadi     manusia    yang    berguna    bagi dirinya   serta   berguna   bagi   orang   lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Pembelajaran Aqidah Terhadap Anak Usia Dini di SD Islam Al Azhar 58 Balikpapan sebanyak 16 orang, adalah sebesar 11,9% perubahan pada variabel Y, sedangkan sisanya sebesar 88,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Dengan demikian, meskipun Pembelajaran Aqidah tetap menjadi komponen penting dalam pendidikan anak, hasil penelitian ini menyarankan bahwa pendekatan pembelajaran perlu dirancang lebih menarik, kontekstual, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30