PENGARUH METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TANJUNGSIANG
Kata Kunci:
Metode Al-Barqy, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, SiswaAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjungsiang. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa hanya 36,74% siswa yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Kondisi ini sejalan dengan data nasional yang menunjukkan bahwa meskipun tingkat literasi Al-Qur’an masyarakat Indonesia tergolong tinggi (66,038%), hanya 48,96% yang mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan sesuai dengan tajwid. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon, uji Mann-Whitney, dan uji N-Gain. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah perlakuan di kelas eksperimen (Z hitung = -5,37). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (Z hitung = -6,15). Hasil uji N-Gain menunjukkan mayoritas siswa di kelas eksperimen berada pada kategori peningkatan sedang (85,37%) dan tinggi (7,32%), sedangkan siswa di kelas kontrol mayoritas berada pada kategori rendah (75%). Dengan demikian, metode Al-Barqy terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran PAI di sekolah.