PENGARUH MEDIA AJAR BERBASIS DIGITAL WEBSITE WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAIBP DI SMPN 2 JALANCAGAK

Penulis

  • Tiwi Helawati STAI Riyadhul Jannah
  • Shaleh Afif STAI Riyadhul Jannah
  • Rd.Ilham Saeful Millah STAI Riyadhul Jannah

Kata Kunci:

Wordwall, Media Digital, Minat Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui terkait minat belajar siswa pada pelajaran PAIBP di SMPN 2 Jalancagak. Latar belakang ini berangkat dari kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran PAIBP dan pentingnya peningkatan belajar siswa melalui inovasi media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, Pertama, perbedaan minat belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah Eksperimen. Kedua, perbedaan minat belajar siswa kelas VII pada kelas kontrol dan Eksperimen. Ketiga, pengaruh media ajar berbasis digital website wordwall terhadap minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII di SMPN 2 Jalancagak. Hasil penelitian menunjukan: 1. Media Wordwall mempunyai pangaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari keterpengaruhan media Wordwall terhadap minat belajar dilakukan uji t didapatkan nilai t hitung 3,686 dan t tabel 2,032. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Wordwall terhadap minat belajar siswa pada kelas eksperimen. 2. Untuk memperoleh perbedaan minat belajar siswa pada pembelajaran pada kelas kontrol dan ekserimen dengan uji t independen dengan hasil th 3,866 dan ttabel 1995 maka Ho diterima artinya terdapat perbedaan minat belajar kelas kontrol dan eksperimen. 3. Diperoleh pula dalam pengaruh media wordwall terhadap minat belajar siswa dengan hasil uji regresi terdspst th7,490 dan ttabel 2,035 karena thitung>ttabel maka Ho diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan media wordwall terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Jalancagak.

This research is motivated by the low learning interest of students in the PAIBP subject at SMPN 2 Jalancagak. The problem stems from students' lack of engagement in PAIBP learning and the urgent need to enhance learning interest through innovative and interactive instructional media. The objectives of this study are: first, to analyze the difference in students' learning interest before and after the experiment; second, to examine the difference in learning interest between the experimental and control groups; and third, to determine the effect of Wordwall digital website-based instructional media on students’ learning interest. This research uses a quantitative method with a quasi-experimental design. The subjects were seventh-grade students at SMPN 2 Jalancagak. The results show: (1) Wordwall media had an effect on students' learning interest, as shown by the t-test result of t = 3.686 > t-table = 2.032, indicating a significant difference in the experimental group; (2) the independent t-test comparing the control and experimental classes yielded t = 3.866 > t-table = 1.995, showing a significant difference between the two groups; (3) the regression analysis also indicated a significant effect, with t = 7.490 > t-table = 2.035, confirming that Wordwall media significantly influenced students' learning interest in PAIBP in seventh grade at SMPN 2 Jalancagak.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30