PENERAPAN ADMINISTRASI TATALAKSANA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST
Kata Kunci:
Administrasi Tatalaksana, Ict, Pendidikan Islam, Al-Qur’an, HadisAbstrak
Administrasi tatalaksana berbasis ICT (Information, Communication, and Technology) merupakan bentuk modernisasi dalam pengelolaan administrasi yang menekankan efisiensi, ketepatan, dan transparansi melalui pemanfaatan teknologi informasi. Konsep ini sejalan dengan nilai-nilai Islam yang menekankan pentingnya ilmu pengetahuan, keteraturan, dan profesionalisme sebagaimana tercermin dalam Al-Qur’an dan hadis. Al-Qur’an menegaskan pentingnya pencatatan dan pengelolaan data secara tertib (QS. Al-Baqarah [2]: 282) serta penguasaan ilmu sebagai jalan peningkatan derajat manusia (QS. Al-Mujadalah [58]: 11). Penerapan ICT dalam administrasi pendidikan meliputi penggunaan sistem informasi manajemen, e-office, database digital, serta cloud storage yang mempermudah pengelolaan data dan komunikasi. Namun demikian, implementasinya masih menghadapi sejumlah tantangan, antara lain keterbatasan infrastruktur, rendahnya kompetensi tenaga kerja, serta kesenjangan akses digital di berbagai daerah. Oleh karena itu, diperlukan strategi komprehensif berupa peningkatan fasilitas teknologi, pelatihan sumber daya manusia, serta dukungan kebijakan yang kuat agar pemanfaatan ICT dapat berjalan optimal dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam tentang amanah, efisiensi, dan keadilan dalam pengelolaan administrasi.
ICT (Information, Communication, and Technology)-based administration is a form of modernization in administrative management that emphasizes efficiency, accuracy, and transparency through the use of information technology. This concept is in line with Islamic values that emphasize the importance of knowledge, order, and professionalism as reflected in the Qur'an and hadith. The Qur'an emphasizes the importance of orderly data recording and management (QS. Al-Baqarah [2]: 282) and mastery of knowledge as a path to human dignity (QS. Al-Mujadalah [58]: 11). The application of ICT in educational administration includes the use of management information systems, e-office, digital databases, and cloud storage that facilitate data management and communication. However, its implementation still faces several challenges, including limited infrastructure, low workforce competency, and the gap in digital access in various regions. Therefore, a comprehensive strategy is needed in the form of improving technological facilities, human resource training, and strong policy support so that the use of ICT can run optimally and in accordance with Islamic principles of trustworthiness, efficiency, and justice in administrative management.




