TANTANGAN STUDI ISLAM DI ERA MODERN: ISU KONTEMPORER, DAMPAK GLOBALISASI, DAN STRATEGI ADAPTASI

Penulis

  • Reski Dayanti Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda
  • Andi Tiara Nur Fadhillah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda
  • Eko Nursalim Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda

Kata Kunci:

Metode Al-Barqy, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Siswa

Abstrak

Artikel ini membahas tantangan multidimensional yang dihadapi studi Islam di era modern, khususnya dalam konteks globalisasi dan Revolusi Industri 4.0. Globalisasi mempercepat pertukaran budaya dan menantang identitas keagamaan, sementara kemajuan teknologi mendorong perubahan struktural dalam sistem pendidikan Islam. Dengan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini mengidentifikasi tiga isu utama: sekularisasi pengetahuan, transformasi teknologi, dan rekonstruksi kurikulum. Hasil analisis menekankan pentingnya integrasi antara nilai-nilai Islam, teknologi digital, dan inovasi pendidikan agar pendidikan Islam tetap relevan dan tangguh dalam era global.

This article explores the multidimensional challenges faced by Islamic studies in the modern era, especially in the context of globalization and the Fourth Industrial Revolution. Globalization accelerates cultural exchange and challenge’s religious identity, while technological advancement drives structural changes in Islamic education systems. Using a qualitative literature review, this research identifies three key issues: secularization of knowledge, technological transformation, and curriculum reconstruction. The conclusion emphasizes the importance of integrating Islamic values, digital technology, and educational innovation to ensure the relevance and strength of Islamic education in the global era.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30