ANALISIS FAKTOR FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN AKHLAK SISWA DI SMPN 14 KOTA BENGKULU

Penulis

  • Fadhil Zakwan Agung Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Wiwinda Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Dian Jelita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Kata Kunci:

Perubahan Akhlak, Siswa SMP, Faktor Internal, Faktor Eksternal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab perubahan akhlak siswa di SMPN 14 Kota Bengkulu, khususnya pergeseran perilaku dari akhlak positif menuju akhlak negatif. Fenomena yang ditemukan adalah siswa yang pada awalnya sopan, rajin beribadah, dan taat aturan di kelas VII mengalami penurunan sikap ketika memasuki kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan siswa, guru PAI, dan guru BK, serta observasi dan dokumentasi aktivitas siswa di sekolah. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa kelas VIII yang dipilih berdasarkan fenomena perubahan akhlak yang tampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab perubahan akhlak siswa dapat dibedakan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rasa malas, menurunnya motivasi ibadah, kurangnya kesadaran menjaga kebersihan, serta keinginan untuk bebas dari kontrol orang dewasa. Sementara itu, faktor eksternal lebih dominan, mencakup pengaruh teman sebaya, kurangnya perhatian keluarga, dan longgarnya pengawasan guru di sekolah. Kedua faktor ini saling berkaitan dan berdampak pada menurunnya sikap hormat, kejujuran, serta ketaatan siswa terhadap aturan sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembinaan akhlak siswa harus dilakukan secara terpadu, dengan melibatkan peran sekolah, keluarga, serta lingkungan pertemanan agar siswa mampu menjaga konsistensi akhlak positif di setiap jenjang pendidikan.

This study aims to analyze the factors causing changes in students’ morals at SMPN 14 Kota Bengkulu, particularly the shift from positive to negative behavior. The phenomenon observed shows that students who were previously polite, disciplined, and diligent in worship during grade VII began to display declining attitudes when entering grade VIII. This research employed a qualitative approach using a case study method. Data were collected through interviews with students, Islamic education teachers, and counseling teachers, as well as observations and documentation of student activities at school. The research subjects consisted of 15 eighth-grade students selected based on visible changes in their moral behavior. The findings reveal that the causes of moral changes among students are categorized into internal and external factors. Internal factors include laziness, decreased motivation in worship, lack of awareness in maintaining cleanliness, and a stronger desire for independence from adult control. External factors, which appear to be more dominant, consist of peer influence, lack of parental attention, and insufficient teacher supervision at school. Both factors are interconnected and contribute to the decline in students’ respect, honesty, and obedience to school rules. The study concludes that fostering students’ morals requires an integrated effort involving schools, families, and peer environments to ensure students maintain consistent positive behavior throughout their educational stages.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30