ANALISIS PEMBELAJARAN P5 PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ARSYADA CITEUREUP BOGOR
Kata Kunci:
Pembelajaran P5, Kurikulum Merdeka, Jiwa KewirausahaanAbstrak
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sebagai sarana untuk memperoleh profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses pembentukan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik berkesempatan untuk meneliti topik atau isu-isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, kewirausahaan, teknologi dan kehidupan demokrasi sehingga peserta didik mengambil tindakan nyata untuk mengatasi isu-isu tersebut.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai penelitian yang didasarkan pada observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian sehingga tercipta informasi yang menggambarkan objek penelitian secara rinci dan komprehensif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap analisis pembelajaran P5 pada kurikulum merdeka dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan di simpulkan bahwa konsep profil pelajaran pancasila memiliki kompetensi belajar yang dipersyaratakan dan sering disebut dengan berfikir kritis, yaitu kemampuan seseorang dalam bernalar secara efektif, memecahkan masalah dengan cara terarah. Maka dapat disimpulkan bahwa jiwa kewirausahaan tidak muncul secara tiba-tiba tetapi melalui beberapa proses yang Panjang, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman atau tidak terbiasa berada di lingkungan yang tumbuhnya dengan jiwa kewirausahaan. Dengan adanya pembelajaran P5 khususnya dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa dituntut untuk aktif dan kreatif pada saat pembelajaran berlangsung. Dimana Upaya yang dapat dilakukan seorang guru dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa yaitu guru mengajarkan siswa untuk lebih percaya diri.




